BLANTERWISDOM101

10 cara untuk tetap aman di jaringan wi-fi publik

Selasa, 12 Februari 2019
Wi-fi publik gratis adalah cara mudah untuk online tetapi bahaya dapat mengintai dari penipuan dan peretas wi-fi. Berikut adalah 10 tips untuk menjaga keamanan wi-fi publik.

Manusia menggunakan hotspot wi-fi publik di sebuah kafe
Siapa pun dapat membuat jaringan wi-fi palsu dengan nama yang meyakinkan, jadi pastikan Anda tahu nama sebenarnya dari jaringan asli yang ingin Anda sambungkan ke

Wi-fi gratis ada di mana-mana. Dari stasiun kereta api, kedai kopi, dan bahkan supermarket - kemampuan untuk menghubungkan laptop, ponsel cerdas, atau iPad ke jaringan wi-fi publik gratis dapat membuat Anda online saat bepergian.

Tapi seperti biasa, para penjahat mencari yang tidak waspada, dan menghubungkan ke jaringan wi-fi publik gratis tanpa keamanan dapat membuat Anda terkena penipuan, peretas, dan virus.

Ikuti saran kami untuk tetap aman dan selamat saat terhubung ke jaringan wi-fi publik gratis.

1. Gunakan jaringan wi-fi yang dikenal

Siapa pun dapat membuat jaringan wi-fi palsu dengan nama yang meyakinkan, jadi pastikan Anda tahu nama sebenarnya dari jaringan asli yang ingin Anda sambungkan.

Dengan begitu, Anda akan menghindari jaringan wi-fi palsu yang dirancang untuk menipu Anda.

2. Hati-hati situs apa yang Anda kunjungi

Hati-hati situs mana yang Anda kunjungi dan data apa yang Anda kirimkan melalui wi-fi publik.

Hindari menggunakan wi-fi publik untuk perbankan, email, foto atau berbagi data apa pun, atau apa pun yang mengharuskan Anda memasukkan kata sandi.


3. Selalu gunakan situs yang aman

Jika Anda perlu masuk ke akun online menggunakan wi-fi publik, selalu ketikkan URL langsung ke bilah alamat peramban web dan pastikan koneksi dienkripsi.

Cari gembok di bilah alamat peramban web dan alamat web yang diawali dengan awalan 'https' untuk memastikan.

Gunakan ekstensi browser web gratis, seperti HTTPS Everywhere , yang akan mengarahkan Anda ke versi situs web yang aman (jika ada versi yang aman).

Ketika Anda selesai mengunjungi situs yang membutuhkan kata sandi Anda, ingatlah untuk keluar dari akun Anda.


4. Gunakan otentikasi dua langkah

Gunakan otentikasi dua langkah untuk masuk ke akun Anda - seperti yang ditawarkan oleh Gmail, Twitter, dan Facebook.

Ini biasanya melibatkan kode yang dikirim ke ponsel Anda yang harus Anda masukkan untuk masuk ke akun.

Dengan begitu, bahkan jika seseorang meretas kata sandi Anda, lapisan keamanan ekstra akan mencegah mereka membuka akun Anda.

Untuk tips dan informasi lebih lanjut, ramban bagian teknologi kami , atau coba salah satu artikel populer ini:
mencadangkan data

5. Jangan mengunduh perangkat lunak

Meskipun menggoda untuk mengunduh aplikasi, untuk keamanan maksimum hindari melakukan hal ini pada wi-fi publik. Lebih sulit memastikan sumber aplikasi, yang bisa menyembunyikan virus atau spyware.

6. Tetap up-to-date

Pastikan sistem operasi, browser web, dan program anti-virus Anda mutakhir dengan versi terbaru - tetapi hanya unduh dan instal pembaruan saat di jaringan rumah atau kantor Anda.

7. Nyalakan firewall Anda

Pastikan firewall komputer Anda dihidupkan untuk menghentikan peretas yang menghubungkan ke komputer atau iPad Anda.

Untuk melakukan ini di Windows, buka Control Panel> Windows Firewall dan di Mac OS X pergi ke System Preferences> Security & Privacy dan klik tab 'Firewall'.

Secara default, Windows Firewall menyembunyikan komputer Anda dari orang lain di jaringan yang sama. Pengguna Mac dapat mengakses perlindungan ekstra ini dengan mengklik 'Opsi Firewall' pada tab 'Firewall' dan memilih 'Enable Stealth Mode'.


8. Nonaktifkan berbagi file

Berbagi file dapat membuat komputer Anda rentan terhadap peretas, jadi matikan opsi ini sebelum menggunakan wi-fi publik.

Di Windows, buka Panel Kontrol> Jaringan dan Internet> Jaringan dan Pusat Berbagi, lalu klik 'Ubah Pengaturan Berbagi Lanjut'. Di OS X, buka System Preferences> Sharing.

9. Lupakan opsi jaringan ini

Manfaatkan laptop atau opsi 'lupakan jaringan ini' untuk menghentikannya menghubungkan kembali secara otomatis ke hotspot wi-fi tanpa izin Anda.

Di Windows, hapus centang pada kotak 'Sambungkan Secara Otomatis' di sebelah nama jaringan wi-fi. Untuk mencegahnya terjadi di masa mendatang, klik nama wi-fi di 'Jaringan dan Pusat Berbagi', lalu klik 'Properti Nirkabel' dan hapus centang 'Sambungkan secara otomatis ketika jaringan ini berada dalam jangkauan'.

Pada Mac, buka 'Jaringan' di System Preferences dan klik 'Advanced' di bagian wi-fi, lalu hapus centang 'Ingat jaringan yang komputer ini telah bergabung'.

Untuk iPhone atau iPad, ketuk 'Pengaturan', pilih 'Jaringan Wi-Fi' dan klik ikon 'Saya' di sebelah nama jaringan dan pilih 'Lupakan jaringan ini'.

Lima tablet anggaran terbaik

10. Mengatur jaringan pribadi virtual (VPN)

Mungkin terdengar teknis, tetapi dimungkinkan untuk membuat jaringan virtual pribadi Anda sendiri.

Disebut VPN, ini merutekan data Anda melalui jaringan pribadi terenkripsi, menjaga aktivitas dan data Anda aman bahkan saat menggunakan wi-fi publik.

Anda dapat membeli layanan VPN untuk laptop dan perangkat seluler.
Share This :

0 komentar