BLANTERWISDOM101

7 tips untuk menggunakan situs media sosial dengan aman

Kamis, 31 Januari 2019
Jika Anda merasa khawatir tentang pengaturan privasi media sosial Anda, baca terus untuk beberapa tips berguna untuk membantu Anda menikmati media sosial lebih aman.

Sementara situs jejaring sosial sangat bagus untuk tetap berhubungan dan menjalin pertemanan baru, mereka juga merupakan anugerah bagi siapa pun yang ingin mengumpulkan informasi pribadi, untuk tujuan apa pun.

Berbagi terlalu banyak informasi di jejaring sosial dapat membuat Anda berisiko pencurian identitas - dan bahkan pencurian rumah.

Ikuti kiat jejaring sosial teratas kami untuk membantu menjaga privasi Anda.

1. Manfaatkan pengaturan privasi

Baca kebijakan privasi situs dan gunakan pengaturan privasi dan keamanannya untuk mengontrol siapa yang dapat melihat informasi pribadi Anda.

Facebook, misalnya, menawarkan kontrol atas siapa yang dapat melihat profil dasar atau lengkap Anda, posting dan foto Anda dan apa yang muncul di timeline Anda.

Cara mengubah pengaturan privasi Anda di Facebook
Di bagian atas halaman Anda akan melihat spanduk biru berjalan di bagian atas. Di ujung kanan Anda akan menemukan panah dropdown. Klik dan kemudian klik 'Pengaturan'. Dari sana Anda bisa sampai ke 'Privasi'. Tetapkan semuanya sehingga hanya teman yang dapat melihat informasi Anda - Anda umumnya ingin menghindari segala sesuatu yang terbuka untuk tampilan Publik.

Melakukan hal ini akan membantu menjaga informasi Anda lebih aman, tetapi kami tidak pernah dapat sepenuhnya yakin bahwa data kami aman. Jika orang mengizinkan aplikasi kuis kepribadian untuk mengakses semua data mereka, maka itu termasuk daftar teman mereka. Jadi, bahkan jika Anda tidak mengizinkan aplikasi pihak ketiga mana pun untuk memiliki akses ke profil Anda, teman-teman Anda bisa secara tidak sengaja mengizinkannya.

Bagaimana cara mengubah umpan berita Facebook Anda

Dan bahkan jika Anda cukup yakin Anda tidak pernah jatuh ke perangkap seperti ini, apakah Anda tahu bahwa jika Anda telah mengizinkan akses aplikasi pihak ketiga ke profil Facebook Anda kapan saja sejak bergabung dengan situs, itu masih bisa bekerja jauh di latar belakang, mengumpulkan data? Dengan beberapa profil yang sekarang berdiri satu dekade keberadaannya, siapa yang tahu apa yang mungkin Anda klik sepuluh tahun yang lalu?

Untungnya, Anda bisa mengetahuinya dengan mudah ...

Bagaimana cara mengelola aplikasi di Facebook
Kembali ke panah di kanan atas spanduk biru Anda dan klik 'Pengaturan' lagi. Kali ini klik 'Aplikasi'.

Di sini Anda akan menemukan kata-katanya: 'Di Facebook, nama Anda, gambar profil, foto sampul, jenis kelamin, jaringan, nama pengguna dan ID pengguna selalu tersedia untuk umum baik untuk orang maupun aplikasi. Aplikasi juga memiliki akses ke daftar Teman Anda dan informasi apa pun yang Anda pilih untuk dipublikasikan. '

Sedikit menakutkan.

Apakah Anda terkejut dengan berapa banyak aplikasi yang memiliki akses ke profil Anda? Cukup klik X untuk menghapusnya dan Anda tiba-tiba jauh lebih aman.

Tetapi seperti yang dinyatakan sebelumnya, Anda tidak pernah bisa terlalu berhati-hati, yang membawa kita dengan baik ke poin berikutnya.

Lima penipuan untuk mencuri identitas Anda

2. Jangan berbagi terlalu banyak

Anda mungkin tahu jauh lebih baik daripada menyiarkan nama gadis ibu Anda atau nama hewan peliharaan pertama Anda, dan Anda mungkin dengan bijaksana memilih untuk tidak mengungkapkan hari ulang tahun Anda (berapa banyak harapan ulang tahun yang setengah hati dari seseorang yang secara singkat bekerja dengan Anda seharga tujuh tahun yang lalu) Lagi pula?) tetapi apakah Anda menghindari memberikan detail liburan yang akan datang?

Penjahat menjelajahi jejaring sosial untuk menemukan rumah kosong untuk dirampok.

Jadi untuk alasan itu, saat Anda pergi, cobalah untuk tidak berbagi liburan yang terkunci. Beberapa perusahaan asuransi dapat menolak klaim jika Anda menyiarkan rumah kosong Anda di Facebook atau akun sosial lainnya.

Secara umum, jangan memposting detail pribadi, seperti nomor telepon atau alamat rumah Anda. Hindari memposting foto di rumah Anda yang memudahkan Anda mengidentifikasi tempat tinggal.

Apakah broadband Anda cukup cepat untuk melakukan semua yang Anda inginkan untuk online? Jika tidak, beralih bisa jauh lebih mudah daripada yang Anda pikirkan dengan layanan switching broadband gratis Saga. Dapatkan penawaran terbaik dari Sky, Virgin, TalkTalk dan banyak lagi - temukan lebih banyak hari ini ...


3. Ini bukan kontes popularitas

Jangan terima setiap teman atau permintaan pengikut yang Anda dapatkan - hanya terhubung dengan orang yang Anda kenal dalam kehidupan nyata atau yang identitasnya Anda tahu asli.

Penjahat membuat akun online palsu untuk berteman dengan orang lain dan mengumpulkan informasi pribadi.

Jadi jika Anda menerima permintaan pertemanan dari seseorang yang Anda pikir sudah berteman dengan Anda, jangan menerimanya secara membabi buta - don virtual deerstalker Anda dan lakukan sedikit pekerjaan detektif. Pertama, lihat apakah Anda dapat menemukan profil yang menurut Anda sudah ditautkan. Jika teman Anda masih ada dalam daftar Anda tanpa Anda menerima permintaan baru, maka permintaan baru itu kemungkinan besar adalah seorang interloper. Laporkan mereka ke Facebook untuk dihapus, dan beri tahu teman Anda tentang pelanggarannya sehingga mereka dapat memberi tahu orang lain di daftar teman mereka untuk menjaga keamanan semua orang.

Jika memungkinkan selalu ikuti akun media sosial yang memiliki tanda centang putih di lingkaran biru muda di sebelah namanya. Ini berarti mereka adalah akun yang diverifikasi secara resmi.

Anda dapat mengikuti halaman Facebook Saga resmi di sini dan akun Twitter resmi Saga di sini .

Jika, membaca ini, Anda menyadari bahwa Anda telah menerima permintaan pertemanan dari seseorang yang Anda lebih suka tidak memiliki akses ke profil Anda, cari tahu cara tidak berteman di Facebook .

4. Berhati-hatilah dengan tautan

Hindari mengklik tautan di pesan, tweet, posting, dan iklan online. Ini mungkin tautan ke virus atau bentuk konten jahat lainnya.

5. Jangan menautkan akun
Banyak situs web dan aplikasi memberi Anda opsi untuk 'Masuk dengan Facebook', daripada membuat akun terpisah. Tetapi dengan melakukan ini, jejaring sosial Anda dapat membagikan semua informasi yang dimilikinya tentang Anda, termasuk tanggal dan tempat kelahiran Anda, alamat email Anda dan perincian pekerjaan, beserta foto-foto.

Lebih lanjut, dengan hanya satu login untuk beberapa situs, jika satu situs diretas, maka semua akun Anda juga akan disusupi.

6. Gunakan email terpisah

Pada catatan itu, Anda bahkan bisa melangkah lebih jauh dan membuat akun email terpisah untuk digunakan dengan setiap jejaring sosial. Dengan begitu, akun email utama Anda terlindungi dari segala spam atau email phishing yang mungkin Anda terima.

Tanda email mungkin scam

7. Gunakan kata sandi yang kuat

Anda telah mendengarnya berulang kali - gunakan kata sandi terpisah untuk setiap akun sosial.

Jadikan setidaknya delapan digit dan kombinasi huruf besar, kecil, dan simbol.

Anda mungkin tidak menggunakan kata sandi terpisah karena kata sandi pada dasarnya sulit untuk diingat.

Jadi untuk mengatasinya, dan menghindari memiliki buku tebal besar diisi dengan kata sandi, Anda bisa membuat sendiri kode hanya Anda yang tahu.

Misalnya, Anda dapat menetapkan setiap vokal hewan, lalu mengambil vokal pertama dari nama situs web untuk mulai membuat kata sandi yang benar-benar unik. Mungkin menggabungkannya dengan jumlah huruf dalam nama situs web, memberi Anda sesuatu yang tidak ada yang bisa menebak.

Dengan kode ini, kata sandi Facebook Anda menjadi AntEight8. Twitter menjadi IguanaSeven7.

Dan untuk lapisan keamanan tambahan, pilih nama pengguna yang tidak membantu mengidentifikasi Anda, seperti maryjsmith_1961.
Share This :

0 komentar